Proses pembelajaran

Proses pembelajaran
Hamparan padang pasir yang luas bagaikan samudera hati yang terbentang dan dengan sabar serta sholat yang menjembataninya karena senjata orang-orang yang beriman adalah sabar dan sholat yang paling sangat utama

Tuesday, April 19, 2011

PROSES PEMBELAJARAN PERTAMA

prosesbelajar
Ketika manusia masih didalam rahim bundanya, bukan si jabang bayi itu tidak melai mengenal yang namanya proses pembelajaran dan belajar. Pada hakikatnya, Bayi itu sudah belajar dngan hal yang sangat terkecil yaitu dengn membiasakan adaptasi lingkungan didalam rahim bundanya. Dengan lingkungan alam pertamanya ia belajar banyak hal. Terutama bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup saat ketika itu bayi masih merupakan embrio kemudian membentuk serta menjadi bayi didalam rahim yang dapat bergerak-gerak sesuai dengan irama bundanya menyampaikan pesan kepadanya. menurut para ahli tentang bayi bahwa semakin banyak dan sering kita berkomunikasi atau memberikan pesan baik dengan sentuhan atau musikal lembut atau berbentuk musikal keras sejenis motivasi atau yang sejenis dengan itu. Bahwa dinyatakan terhadap prilaku pemberian materi pembelajaran terhadap bayi ini bisa mengetahui kecakapan serta kelincahan dan hal-hal yang menyangkut perkembangan si bayi tersebut.Didalam Al.qur'an sendiri Alloh juga menguraikan bahwa proses belajar itu dari buaian atau sejak didalam rahim atau terlahir kedunia menjadi manusia baru sampai menutup mata. Akankah ingat surat "Iqro" ? yang didalamnya mengisaratkan kita harus terus tanpa henti untuk belajar tanpa ada sekatan dengan usia? dan ingatkah dengan pepatah "Tuntutlah ilmu (pengetahuan) itu dari buain sampai ke liang lahat. dan Haditsnya Nabi SAW ditegaskan bahwa belajar itu wajib hukumnya terhadap individu manusia. "Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap kaum muslimin", Nah...jadi barang siapa yang gtidak belajar dan enggan untuk belajar bearti dia sudah bermenafikan serta menganiaya diri sendiri untuk terus dalam kebodohan serta kegelapan yang nyata. Dan bagi mereka kebodohan adalah santapan terhadap mereka yang punya ilmu serta pengetahuan. Dan jadilah yang bodoh tak mengerti apa-apa dan hanya pengikut bagaikan sibuta yang dituntut kemana si pintar mau membawanya.ALangkah tiada arti jadinya bila demikian.....????? ingatlah Alloh sendiri sudah sangat memperjelas dengan tegas dan kuat sekali bahwa bagi yang menuntut ilmu pasti Alloh tinggikan derajatnya tentunya selalu mengikut nurnya Al.qur'an. Sebab dengan ilmu serta pengetahuan akan terciptanya peradaban serta adab, kekuatan strategi (politik) dan kesinambungan hidup. Begitu pentingnya ini...dengan kekuatan ilmu yang diikat dengan kekuatan ruh nur Al.qur'an sebagai teologi spirit spritualnya. Insya Allah dengan kekuatan itu muncullah falsafah kebajikan, kebenaran, ketidakbohongan, kelembutan hati dengan memberi serta menerima sesuatu terhadap diri dan orang lain.
Add caption
Bayi yang baru lahir ke dunia ternyata tidak datang dengan keadaan “kosong”. Pasalnya, proses belajar ternyata sudah terjadi sejak bayi masih berada di dalam kandungan ibu. Ada beberapa hal yang sudah dipelajari sejak dalam kandungan, seperti mengenali rasa, suara dan bahasa ibu.
Untuk itu, penting bagi para calon ibu untuk memenuhi hal-hal yang dibutuhkan bayi. Sebab hal itu pun akan menjadi bekal agar bayi yang lahir kelak memiliki kecerdasan yang baik. Lantas, apa saja sih hal-hal yang perlu ibu penuhi selama masa kehamilan?

No comments:

Post a Comment